Dalam Kesendirian

Kadangkala kita merasa sendiri di tengah keramaian. Tak peduli dengan hiruk pikuk sekitar kita. Sibuk dengan hati dan pikiran yang berkecamuk karena satu sebab yang belum ditemukan  jalan keluarnya.

Kalau itu menyangkut masalah hati, sedang ‘galau tingkat dewa’, kata anak jaman sekarang. Gelisah tak menentu memikirkan sesorang, entah itu pasangan, rekan atau anak2 kita.

Gelisah karena pasangan, meski sudah lama hidup bersama namun bukan berarti tanpa masalah, ternyata penyesuaian terhadap pasangan tak hanya berat di awal2 perkawinan. Justru makin berat ketika usia perkawinan menginjak belasan tahun. Karena masing-masing makin tahu siapa pasangan sebenarnya. Mulai dari bangun tidur hingga bertemu kembali di peraduan, makin tahu kebiasaan buruk dan kebiasaan baiknya. Kebiasaan buruk yang kadang menjadi pemicu masalah. Kebiasaan itu kadang sulit untuk mengubahnya. Meski berulangkali diingatkan, ya mau gimana lagi, sudah dari ‘sono’nya mungkin. Tinggal bagaimana kita saling pengertian akan kekurangan masing2. Kata orang, biasalah, riak-riak kecil dalam perkawinan. Jika disikapi dengan bijak, justru menjadi bumbu  dalam perkawinan, yang membuat perkawinan semakin kokoh dan mantap.

Gelisah karena anak2, bisa jadi karena beda persepsi karena beda generasi. Yang muda gak mau kalah, yang tua harusnya bersabar. Dengan penuh kesadaran, kita mengiyakan dalam hati bahwa kitapun dulu begitu terhadap orangtua kita. Apakah ini karma ? Bukan, ini lebih ke beda generasi itu tadi. Jika saling mengerti posisi masing2 sepertinya mudah koq untuk kompak dengannya. Anggap anak2 sebagai teman, seringlah mengajak anak2 ngobrol dan curhat. Bisa dimulai dari diri kita, lihat nanti, dia pun akan melakukan hal sama kepada kita. Open your heart and be best friend with your daughters,  bisa menjadi awal yang baik memperkecil jurang perbedaan generasi tua dan muda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s