Galau walau sudah diterima

Ketika ditanya diterima dimana ? Koq tidak excited gitu kak, kecapean nangis ya ? Hehe.. gara-gara salah lihat pengumuman, sudah bengkak duluan matanya. Situs yang di ipb memang untuk peserta yang ujiannya di lokasi ipb. Jelas aja jawabannya tidak ada/tidak diterima, karena memang no seleksi kamu tidak ada dalam daftar di lokal ipb. Seru bener ya.. sudah banjir airmata, eeeh ternyata salah lihat pengumuman. Hihi.. Pasti peristiwa ini akan jadi kenangan seumur hidupmu. Seperti hal nya ibu, dulu kala.

Saat jelang pengumuman umptn (istilah dulu) sudah bersiap menuju kampung halaman, rencana mau lihat pengumuman itu disana. Jika tidak lulus, maka lanjut liburan dan bersemedi di kampung. Kebetulan waktu itu berbarengan dengan bibi yang juga ikut itu karena hanya beda usia setahun. Pagi-pagi sudah ke kota Kuningan, demi membeli koran yang ada pengumuman itu. Toko koran masih sepi, langsung dapat koran itu. Gak sabar buka halaman itu. Ya Allah, lulus, ada di baris ke-10 dalam daftar puml jakarta. Bibiku juga lulus, sama di IKIP Jakarta. Alhamdulillah, terimakasih ya Allah. Segera pulang kerumah nenek. Mengabari saudara yang rumahnya di sekitar rumah nenek. Belum ada telpon waktu itu. Jadi belum bisa memberi kabar ke jakarta. Rencana segara kembali ke Jakarta untuk daftar ulang. Menunggu esok hari.

Siangnya, adikku datang dari Jakarta, membawa pesan dari mama, segera pulang ke Jakarta. Yaiyalah dik.. pasti balik segera. In memoriam, adikku sayang sudah menghadap Ilahi 6 tahun lalu, karena sakit jantung. Semoga dia mendapat tempat terbaik disana.

Bergegas lihat buku panduan umptn, sebab masih belum tenang antara pilihan pertama atau kedua ya. Alhamdulillah ternyata diterima di kimia. Pilihan kedua, biologi, jujur agak separo hati. Lebih klik ke kimia. Allah Maha Tahu yang terbaik untukku.Minimal sudah klik dengan pilihan, insya Allah jalannya akan mudah dan lancar.

Sekarang gimana denganmu ? Apakah sudah mantap dengan manajemen IPB ? Nanti ya bu, lihat tes simak UI  dulu. Kabarnya setelah tes akan ada quick count perolehan nilai sementara dari jawabanmu. Lalu diprediksi kelulusan nya sesuai jurusan yang dipilih. Seandainya minus, maka mau memantapkan diri ke ipb. Okelah kalo begitu. Namun ayah-ibu kasih kesempatan jika memang masih mau mendaftar di jalur mandiri unsud, karena ada prodi yang kamu minati di sana. Silakan pertimbangkan.

Jadi pelajaran berharga, untuk memilih jurusan memang perlu diskusi panjang dengan orangtua. Karena kami pun sebenarnya tidak diam memikirkanmu. Kami masing-masing share dengan teman kantor, berdasarkan pengalaman dari teman-teman, dan browsing informasi, kami jadikan itu untuk bisa mengarahkanmu pilih jurusan. Fokus pada jurusan awal yang kamu minati. Awalnya ingin tehnik kimia atau tehnik indutri, maka fokuslah itu. Untuk pilihan ips, jika memang mau ilmu komunikasi, it’s oke, yang pasti memang itu yang juga kamu minati. Jika sudah fokus, belajarmu jelas pada satu arah, ada yang kamu tuju dan inginkan untuk diraih, maka harus dengan usaha gigih kamu capai itu.

Semangat ya kak. Semoga esok pagi Allah beri kelancaran dan kemudahan dalam tesmu. Doa ayah-ibu selalu menyertaimu. Ayah-ibu yakin, kamu pasti BISA ! Don’t ever ‘galau’ anymore !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s