Horeee.. saatnya buka puasa

Rasulullah Saw telah memerintahkan kepada kita supaya menyegerakan berbuka puasa, ketika matahari telah terbenam. Dari Sahl bin Sa’ad ra, Rasulullah Saw bersabda: “Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan bebuka.”

Rasulullah Saw berbuka sebelum sholat Maghrib karena menyegerakan berbuka termasuk akhlaknya para nabi. Dari Abu Darda’ ra:“Tiga perkara yang merupakan akhlak para nabi: menyegerakan berbuka, mengakhirkan sahur dan meletakkan tangan di atas tangan kiri dalam shalat.”

Dari Anas bin Malik radhiallahu’anhu dia berkata, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : 1) Doa orang tua kepada anaknya, 2) Orang yang berpuasa ketika berbuka, 3) Do’a orang yang sedang safar (musafir).” Hadits Shohih ((HR. al-Baihaqi 3/345 dan yang lainnya).

Dari Anas bin Malik ra: “Adalah Rasulullah SAW berbuka dengan korma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan korma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air.”

Dari Abu Hurairah ra dituturkan, bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Tiga doa yang dikabulkan: doanya orang yang berpuasa, doanya orang yang terdhalimi dan doanya musafir.”

Rasulullah Saw bersabda: “Barangsiapa yang memberi buka orang yang puasa akan mendapatkan pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun.” Adapun do’a berbuka puasa yaitu :

«اللَّهُـمّ لَكَ صُمْتُ، وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ»

Ya Allah untukmulah aku berpuasa dan atas rezkimu aku berbuka.

Minuman manis memang diperlukan oleh tubuh, tapi untuk pembuka pertama sebaiknya air putih. Bila berbuka puasa dengan makanan manis, katanya, maka akan terjadi penempelan sisa gula pada tubuh dan akan berbahaya untuk ke depannya. Sementara air putih berguna untuk merilekskan perut yang telah lama menahan lapar. Istilahnya, perut Anda akan jadi lebih nyaman. Setelah mengonsumsi segelas air putih, disarankan untuk mendiamkannya sekira 20 menit agar ada proses adaptasi.

Kalau sudah minum air putih, silakan mengonsumsi makanan serba manis. Usahakan minum yang hangat untuk merilekskan kondisi perut Anda yang mengkerut, Selanjutnya, sebelum menunaikan ibadah sholat maghrib, ada baiknya menyantap makanan segar, seperti es buah. Selanjutnya setelah sholat, isi perut juga dengan satu atau dua potong kue, barulah kemudian makanan utama.

Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam berbuka dengan beberapa buah kurma sebelum melaksanakan shalat. Hal ini merupakan strategi pengaturan yang sangat teliti, karena puasa itu mengosongkan perut dari makanan sehingga hati tidak mendapatkan suplai makanan dari perut dan tidak dapat mengirimnya ke seluruh sel-sel tubuh. Padahal rasa manis merupakan sesuatu yang sangat cepat meresap dan paling disukai hati apalagi kalau dalam keadaan basah. Setelah itu, hati pun memproses dan melumatnya serta mengirim zat yang dihasilkannya ke seluruh anggota tubuh dan otak. Air adalah pembersih bagi usus manusia dan itulah yang berlaku alamiyah hingga saat ini.

Kurma menjadi pilihan terbaik untuk berbuka puasa, karena kurma mengandung gula tinggi tapi terlindungi serat makan yang larut oleh buah, sehingga pelepasan gula berlangsung perlahan ke tubuh atau tidak mendadak seperti makanan atau minuman manis lainnya.

Jangan berlebihan makan dan minum manis karena akan membuat cepat kenyang dan membuat tidak nafsu makan. Mengonsumsi gorengan tidak disarankan karena prinsipnya, saat berbuka puasa mulai dengan makanan ringan yang bisa menggantikan energi.

Saat berbuka puasa sebaiknya Anda juga tidak langsung makan makanan berat. Lambung dalam 13-14 jam dalam kondisi tidak aktif, jadi perlu waktu untuk mencerna enzim pencernaan. Jadi, mulailah berbuka puasa dengan makanan ringan yang tepat, juga bukan sekadar minum air putih saja.

Minum es saat berbuka puasa dapat menciutkan pembuluh darah, akibatnya gerakan peristaltik menjadi terganggu. Itu sebabnya ada orang yang habis minum es perutnya langsung terasa tidak enak karena pembuluh darahnya menciut.  Selain itu, minum es saat berbuka juga dapat menahan rasa lapar karena menimbukkan efek kenyang. Padahal saat berbuka adalah waktu yang tepat untuk memberi nutrisi pada tubuh. Setelah puasa, tubuh perlu asupan makanan. Jadi sebaiknya jangan dibuat kenyang duluan hanya dengan minum es.

Sebaiknya minumlah yang minuman hangat saat berbuka puasa, karena bila masuk lambung pembuluh darahnya menjadi tidak menciut dan kerja gerakan peristaltik sistem pencernaan tetap baik. Gerakan peristaltik adalah gerakan yang terjadi pada otot-otot di saluran pencernaan, yang menimbulkan gerakan semacam gelombang sehingga menimbulkan efek menyedot atau menelan makanan yang masuk ke dalam saluran pencernaan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s