Sahur yuuuk..

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radiyallahu ‘anhu beliau berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Makan sahur adalah barakah. Maka janganlah kalian meninggalkannya meskipun salah satu di antara kalian hanya minum seteguk air. Sesungguhnya Allah ta’ala dan para malaikat-Nya bershalawat atas orang-orang yang sahur.” (HR. Ahmad, hadits hasan, lihat Shahihul Jami’ish Shaghir, 1/686 no. 3683).

Bagi anda yang mengidap penyakit maag, atau yang tak mengidap penyakit tersebut sekalipun, jika perut tak diisi dengan makanan dalam waktu lama maka asam lambung akan meningkat. Sahur membantu menyeimbangkan asam lambung, hingga saat puasa di siang harinya Anda tak mengalami mual, perih dan gejala maag lainnya. Makan sahur adalah barakah.

Mengkonsumsi makanan bening disaat sahur sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh disiang harinya. Sayur bening seperti bayam, katuk, brokoli dipercaya kaya akan serat dan rendah kalori. Sayuran hijau juga mampu membuat lambung anda terasa kenyang. Sayuran bayam dan brokoli juga dipercaya untuk antioksidan serta memberikan pasokan vitamin dan mineral.

Mengkonsumsi makanan bening disaat sahur sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh disiang harinya. Sayur bening seperti bayam, katuk, brokoli dipercaya kaya akan serat dan rendah kalori. Sayuran hijau juga mampu membuat lambung anda terasa kenyang. Sayuran bayam dan brokoli juga dipercaya untuk antioksidan serta memberikan pasokan vitamin dan mineral.

Mengkonsumsi kacang-kacangan sangat dianjurkan saat sahur, seperti buncis, kacang panjang , kacang merah, kacang kedele dll, karena dipercaya membuat lambung akan merasakan penuh dalam jangka waktu yang lama.

Mengkonsumsi ikan saat sahur bermanfaat sebagai sumber protein, seperti mackarel, herring, tuna, salmon mengandung protein dan asam lemak omega-3. Asam lemak ini akan membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan mempercepat metabolisme. Cara membuat makanan sehat dengan ikan pun ikut menentukan kualitas makanan sehat. Makanan yang dipanggang atau di kukus lebih baik daripada di goreng ataupun dibakar.

Saat sahur jangan lupa minum segelas susu untuk daya tahan tubuh karena di dalam susu terdapat kandungan vitamin dan mineral sangat baik untuk daya tahan tubuh. Lebih baik mengkonsumsi susu putih atau susu sapi murni dan usahakan jangan tambahkan dengan gula.

Sebaiknya dihindari saat sahur mengkonsumsi : minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung (kopi, minuman beralkohol, sari buah sitrus seperti jeruk yang memberikan kesegaran sesaat), makanan sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung (kue tart, coklat, dan keju), makanan yang secara langsung merusak dinding lambung (makanan yang mengandung cuka dan pedas, serta merica dan bumbu yang merangsang), makanan yang menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan (alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, gorengan), makan permen (khususnya permen karet), serta merokok karena memicu keluarnya asam tinggi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s