Serba-serbi info

Dehidrasi saat puasa, wajar saja, karena tubuh tidak mendapatkan asupan cairan selama 14 jam. Air kelapa merupakan solusi untuk melawan dehidrasi. Berikut kelebihan air kelapa diantaranya : membantu mengganti semua mineral dan cairan yang hilang; tidak menyebabkan kerusakan gigi dan menaikkan berat badan; mengandung trigliserida rantai sedang yang membantu menurunkan berat badan; mendukung sistem kekebalan tubuh, melindungi hati, mengurangi oksidasi lipid dan meningkatkan sensitivias insulin. Yuuuk minum air kelapa saat berbuka puasa !

Berbahagialah untuk yang suka kopi ! Kopi di pagi hari itu menyehatkan. Minum kopi 3 – 5,8 ons per hari mengurangi risiko diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, Alzheimer, kanker hati dan usus besar. Selain itu, antioksidan di kopi melindungi kerusakan sel dan DNA. Eits, ngopi pagi hari-nya nanti ya setelah ramadhan 🙂

Teh dan kopi sebaiknya tidak diminum pada saat sedang makan. Kafein yang terkandung dalam teh dan kopi menghalangi penyerapan kalsium dan mineral di usus. Kalsium keluar lebih banyak daripada yang seharusnya dan dikeluarkan lewat urin. Untuk mengimbangi kalsium yang terbuang, asupan makanan tinggi kalsium terus dikonsumsi, misal : susu, ikan, sayuran hijau, kacang kedelai, tahu dan tempe. Kalsium sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang.

Rutin mengkonsumsi wortel membantu menunda penuaan kognitif, seperti berpikir, mengingat dan logika. Senyawa luteolin dalam wortel mengurangi peradangan otak yang menjadi faktor penyebab masalah memori yang berkaitan dengan bertambahnya usia. Senyawa tsb juga banyak terkandung dalam minyak zaitun, paprika, seledri, peppermint, rosemary dan chamomile. Yuuk makan wortel biar gak cepat pikun.

Komposisi susu kedelai hampir sama dengan susu sapi, oleh karena itu susu kedelai bisa digunakan sbg pengganti susu sapi terutama bagi mereka yang alergi laktosa pada susu sapi.
Susu kedelai tidak mengandung kolesterol sama sekali. Kandungan kolesterol susu sapi masih tergolong sangat rendah bila dibandingkan dengan bahan pangan hewani lainnya. Karena itu tak perlu khawatir minum susu sapi.

Di dalam cabai mengandung zat capcaisin yang mampu menurunkan tekanan darah sekaligus memangkas kadar kolesterol dalam darah. Beruntunglah bagi yang suka pedas.. 🙂

Tomat mengandung phytonutrient yang disebut likopen yang dapat melawan penuaan. Likopen efektif untuk melawan kanker prostat dan usus besar. Likopen membantu melawan kerusakan gen yang berpotensi menimbulkan penyakit. Likopen jika dikonsumsi secara teratur, dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 29 persen. Kurangnya asupan likopen dalam makanan yang dikonsumsi wanita menopause dikaitkan dengan osteoporosis.

Puasa Syawal (6 hari) bisa dikerjakan secara terpisah-pisah atau bertutrut-turut, yang penting masih pada bulan Syawal. Puasa qadha hukumnya wajib karena puasa tersebut dilakukan sebagai pengganti untuk puasa yang tidak bisa kita lakukan di bulan Ramadan karena sakit, bepergian atau haid (kaum wanita) (Al-Baqarah 2:185). Jadi puasa Syawal dan qadha itu kedudukan hukumnya berbeda; maka tidak diperbolehkan satu aktivitas puasa dengan dua niat; niat Syawal dan niat bayar qadha.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s