Tahu tek-tek

Tak sengaja melewati kedai pinggir jalan lapangan tembak lihat yang jual ini. Ada menu pilihan yang semuanya asal surabaya atau jawatimuran. Saking semangatnya sampai tiga hari berturut2 bernostalgia rasa jawatimuran. Kangen ya dengan jember ? Iya, Jember penuh kenangan indah.

Tahu tek tek telur, berisi potongan ketupat, tahu goreng dan dadar telur. Tahu dan atau telur dipotong acak dengan menggunakan gunting sehingga berbunyi tek-tek, kira2 itu mungkin asal dari nama makanan ini. Setelah itu ditambah toge matang disiram bumbu kacang petis sehingga nampak coklat pekat. Ditaburi bawang goreng dan kerupuk. Siap disantap, jika kurang pedas maka sudah disediakan sambal cair pedas untuk menambah selera. Dulu sekali saat masih usia SMA pernah coba ini saat main kerumah teman di surabaya. Karena pernah coba dan sudah tau rasanya maka seperti nostalgia rasa tahu tek-tek. Maknyusss.. sedap bener apalagi kalo pedas. 

Tahu campur, berisi tahu, mie kuning, potongan selada air dan kikil. Diberi bumbu petis lalu disiram kuah sejenis kuah kari. Aq gak berani coba ini, kuatir gak habis karena campurannya rada aneh menurutku. Husband coba itu. Menurutnya enak juga. Hehe.. enak atau lapar ya ?. 

Rujak cingur, sejenis gado2 hanya bumbunya ditambah petis selain kacang plus cingur sapi. Aq suka ini namun pedagang nya belum siap untuk menu ini, maklum masih suasana lebaran. Duh, padahal pingin banget coba lagi ini. Rasanya sudah di lidah. Dulu saat tinggal di jember, seringkali beli makanan ini untuk menu makan siang. Sayangnya belum ready. Ayo dong segera disajikan sesuai dengan menu yang tertera di depan kedainya. Pingin banget nih rujak cingur.

Yang khas dari ketiganya adalah petis-nya. Entahlah bisa langsung cocok di lidah, meski rada amis gitu ya. Tapi bikin makanan tambah sedap. Belum pernah beli petis semenjak hijrah ke kota ini. Dulu saat di jember sering beli petis ii karena seringkali ada acara di rumah. Entah arisan atau pengajian bulanan. Untuk sajiannya biasanya tahu tek itu, kebetulan asisten dulu asli jember dan jago masak. Jadi banyak dikenalkan masakan jawa timuran. Menu lain semisal rawon. Kalo menu yang satu ini seringkali kita buat dirumah, karena bumbu kluwek-nya mudah didapat disini. Jadi sebenarnya aslinya mana bu ? Lahir dan besar di kota ini, namun keturunan sunda, betah dan suka dengan yang khas jawatimuran. Masih dalam pulau jawa, so belum indonesia bangets. Karena belum kenal yang khas dari sumatera, sulawesi, papua apalagi dari borneo. 🙂 Pingin banget suatu saat nanti kenal semua yang khas indonesia. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s