Fun with chemistry_episode ‘Es Goyang’

Asyiiiik…. komentar kompak anak2 saat diberitahu akan praktikum membuat Es goyang. Lembar kerja sudah dibagikan, anak2 sibuk tanya ini-itu tentang bahan dan alat yang perlu dibawa. Sudah nampak antusias mereka untuk ikutserta dalam kegiatan ini.

Hari ini full praktikum. Semua sudah dipersiapkan, semoga lancar. Kelas pertama lancar, praktikum tentang pengujian larutan asam-basa dengan berbagai indikator. Anak2 tahun ini lebih semangat dalam mengikuti kegiatan belajar. Syukurlah, semoga terus seperti itu.

Kelas kedua dan seterusnya, waktunya bikin es goyang. Kasih instruksi singkat, lanjut praktek sendiri. Tak sabar nunggu es jadi.bolak balik tanya berapa lama prosesnya. Sambil dogoyang, sambil coba dipegang es-nya apakah sudah jadi atau belum. Hehe.. dasar bocah pinginnya instant, langsung jadi. Sebenarnya waktunya  hanya sekitar 2-3 menit untuk sampai beku es-nya.

Goyang wadah es nya macam2 caranya, ada yang memutar sambil badannya juga ikut goyang, gaya ngebor kata anak2. Ada yang digerakkan naik-turun wadahnya, ada pula yang diletakkan di lantai samaping digeser2 maju mundur supaya terlihat bergoyang. Boleh saja cara2 itu, suka2 anak2 yang penting bagian isinya tercampur dan es-nya cepat beku.

Horeeeeee…Es nya sudah beku buuu. Sumringah seneng banget ketika dilihat es-nya sudah beku semua. Ini boleh langsung dimakan bu ? Boleh, namun harus dibilas terbih dahulu supaya pengaruh garamnya hilang. Okelah kalo begitu kompak mereka menjawab.

Alhasil belum semua es-nya dibuat beku, mereka sudah tak sabat mencicipi. Sambil terus menggoyang wadahnya, sambil mengkonsumsi es-nya. Jeprat-jepret kuabadikan moment seru ini. Videopun sempat dibuat untuk jadi bahan dokumentasi pribadi. Hampir setiap tahun ada kegiatan anak2 yang spesial aq shoot untuk mengobati kangen-ku pada anak2 saat ereka sudah lulus dari sekolah ini.

Sering2 aja bu praktek seru kaya gini. Dijamin nggak stress belajar kimia. Fun with chemistry… serunya es goyang !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s