Halo.. genes, not gemes

Halo… genes, not gemes. Itu asal usul kata halogen yang artinya pembentuk garam. Ooooh itu toh, kompak anak-anak menjawab. Biasanya kalo sedang asyik menjelaskan lalu anak-anak rame sendiri, selalu bilang, halooooo.. mereka harus jawab hi… dengan maksud kembali menarik anak-anak untuk fokus pada materi yang sedang dibahas. Kalo gitu bisa juga diubah mulai sekarang supaya lebih ‘chemy’. Jika disapa Halooo… maka anak-anak harus jawab geeeen.. hehe.. spontan dan iseng aja muncul ide itu.

Full ngajar delapan jam. Hari paling melelahkan dalam sepekan. banyak hal tertunda untuk dikerjakan saat hari ini karena harus fokus dalam dua jenjang. Untung materi sudah setara di setiap kelas. Jam awal kelas sebelas. Usai praktikum es goyang kemarin, anak-anak memberi respon positif atas kegiatan itu. Meski rasa es yang dihasilkan tak berubah, namun kadang muncul rasa asin dari plastik kemasan walau sudah dibilas dengan air. maybe karena garamnya over dosis.

Anak-anak enjoy banget, sumringah dan bersorak ketika percobaan berhasil. Bekal sirup dan sari buah dalam plastik sudah disiapkan dari rumah, rata-rata membawa sirup dalam porsi banyak sehingga bisa berbagi dengan teman-teman dan guru karyawan. Lumayan penghilang dahaga saat siang hari seperti ini. Makasih ya nak, ibu kebagian es susu coklat. Good job ! Kerjasama dan saling berbagi !

Jam berikutnya di kelas dua belas. Lancar saja paparkan materi halogen, banyak pertanyaan muncul terkait kegunaan dari halogen. Syukurlah, itu tandanya benar2 memperhatikan kajian ini sejak awal. Saatnya menjawab pertanyaan, juga lancar dan mudah. Post test yang berhasil Hadiahnya, nonton yuuuuk… Asyiiik, lagi-lagi terpancar senang, meski hanya video kimia. Serba-serbi yang muncul saat bersama anak-anak :

  1. gas-gas-cair-padat
  2. hanya satu yang beda, si At
  3. Yang tua mendesak yang lebih muda
  4. Yang muda lebih asam
  5. Yang besar biloksnya paling asam
  6. Lubang ozon
  7. Kulkas non-CFC
  8. Nikmati makanan with teflon
  9. Pengolahan air PDAM dan kolam renang dengan kaporit
  10. Pemutih kulit dan wajah
  11. Makan NaCl setiap hari
  12. Pilih yang beryodium supaya tidak gondok. Gondok kalo dicuekin, haha.. itu mah lain soal 😛
  13. Beda gondok dan gondongan ?
  14. Kenapa air isi ulang lebih murah ?
  15. Film potret dan camera digital
  16. Coke and chlorin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s