Senyawa Karbon dengan kartu ‘Mencari Keluarga’

Aura persiapan PKG makin memanas. Bikin kepala nyut-nyutan, hati deg-degan, bingung apa yang harus didahulukan, itu penting inipun penting sementara aktifitas rutin harus terus berjalan. Tetap harus fokus pada tugas pokok.

Pemikiran tentang transfer termudah dan tercepat untuk bahasan senyawa karbon sudah sejak lama dilakukan. Bagaimana cara termudah untuk itu disamping persiapan untuk performa saat PKG nanti. Yes, akhirnya menemukan strategi baru.

Senyawa karbon dapat dibahas sekaligus penamaan, penulisan struktur senyawa dan isomernya hanya melalui satu permainan kartu. Kartu ‘Mencari Keluarga’. Masing-masing kartu bertuliskan nama senyawa, rumus umum dan rumus molekul senyawa.Satu set kartu mencakup enam keluarga (deret homolog) yaitu alkanol, eter, alkanal, alkanon, asam alkanoat dan ester. Jumlah kartu dalam satu set disesuaikan dengan jumlah peserta agar semua peserta berperan aktif. Senyawa karbon dibatasi pada C5 untuk kemudahan mengkaitkannya dengan bahasan isomer fungsional. Setiap peserta mendapat satu kartu.

Lima menit peserta mencermati kartu, lalu segera mencari ‘keluarga’nya dengan ciri khusus (gugus fungsi) dan rumus umumnya. Yang mendapat kartu rumus umum, dipilih sebagai kepala keluarga/ ketua kelompok. Seru juga melihat mereka sibuk mencari keluarganya. Dimana, dimana… dimana ? (*ala Ayu tingting).

Setelah bertemu satu keluarga maka kepala keluarga memimpin rembug/diskusi keluarga untuk menuliskan rumus struktur dari nama senyawa yang ada. Yang mendapat kartu rumus molekul senyawa wajib mengkaji pustaka untuk menemukan rumus molekul itu milik keluarga yang mana. Setelah mencari diharapkan memperoleh kesimpulan bahwa rumus itu mewakili rumus molekul dari dua keluarga. Harus dikaji lebih jauh mengapa keduanya memiliki rumus molekul yang sama dan hal apa yang membedakan keduanya.

Setelah rumus struktur dari setiap anggota keluarga berhasil dituliskan maka kepala keluarga wajib mengecek ulang ketepatan antara rumus struktur dan rumus molekulnya. Setelah itu yang mendapatkan kartu rumus molekul juga mengecek ulang kesesuaian itu.

Setelah semua pas maka resume kerja kelompok dikumpulkan untuk menjadi bahan presentasi dalam diskusi kelas. Setiap keluarga besar/deret homolog mempresentasikan hasil rembug-nya. Peserta yang mendapat kartu nama senyawa menjelaskan tentang struktur senyawa yang telah dibuatnya hingga seluruh audiens mengerti. Semua anggota keluarga wajib melakukan hal itu.  Di sesi terakhir, ajang uji nyali/tes dari audiens. Dua orang audiens menuliskan rumus struktur senyawa lain yang lebih rumit namun masih dalam satu deret homolog, kelompok presentasi rembug untuk memberi nama senyawa tantangan tersebut. Ini sesi yang juga seru. Mereka kompak dalam kerjasama kelompok. Mereka belajar mentransfer ilmunya. Awalnya pemalu namun muncul percaya diri untuk menjelaskan struktur itu, ini pertanda bahwa dia-pun sangat faham dengan apa yang telah dibuatnya. Audiens pun bebas meminta ‘repeat’ penjelasan sampai benar-benar faham. Share ilmu antar mereka ternyata lebih mudah. Bebas dan suka2 gaya mereka sehingga sersan, serius namun santai, yang penting ‘nangkep’ ilmunya.

Setelah dua kelompok presentasi, maka saatnya si pemegang kartu rumus molekul menjelaskan  kepada audiens mengapa rumus tersebut sesuai untuk dua keluarga. Kaji pustaka tentang isomeri fungsional dijelaskan kepada audiens.

Mantabs ! Good Job students.. I’m proud of you ! Hope all of you understand about this section. They say : I love this section.. I love chem 🙂

Iklan

2 thoughts on “Senyawa Karbon dengan kartu ‘Mencari Keluarga’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s