bring me to bringharjo

Rihlah ilmiah tahun ini ke Jogja-Dieng. Yes ! Jogja maning, I love it. Kalau tidak salah ini yang kelima kalinya wisata ke lokasi ini.  Menguji ingatan, pertama kali dulu dengan keluarga auntie, seingatku masa usia SMA. yang kedua dengan rombongan teman kuliah dari bandung, ketiga dengan keluarga kecilku tanpa ayahnya sebab beliau berhalangan ikut, keempat dengan rombongan rihlah lepas pisah angkatan tahun lalu, dan ini dengan angkatan tahun ini. Excited ikutserta, tak ada kata bosan to Jogja, apalagi Dieng.

Perjalanaan lumayan lancar menuju penginapan, dini hari bpai diiringin hujan di kawasan kaliurang. Hmmm segarnya udara kaliurang. Dingiiiin sangat terasa saat bersih diri, maklum kran air panas tak berfungsi. Sepakat dengan rekan sekamar bahwa malam ini mandi biar besok pagi tak usah mandi sebab diperkirakan besok agi aairnya pasti lebih dingin. Siip usai mandi lanjut mengukir mimpi dalam lelap.

Semangat  ! Ayo anak-anak bergegas sarapan bersiap untuk around-around kota Jogja.. Jeprat-jepret, pose, sudah pasti dilakukan oleh semua saat berada di lokasi baru. Gak mau kalah ddengan bocah, bapak-ibu pun siap action dengan kamera hp nya. Ini salah satu resep awet muda. Ikuti gaya mereka meski usia jalan terus tapi jiwa muda terus.

Becak.. bring me to bringharjo, please. Pasar tradisional kota Jogja yang terkenal murah meriah baru kali ini aq kunjungi. Belok diam-diam ke pasar ini saat rombongan sedang kunjungan ke lokasi kraton Jogja. Lokasi pasar hanya beberapa ratus meter dari kraton namun untuk mempercepat sampai pasar enaknya naik becak.

Baru berapa meter dari pintu masuk pasar sudah kalap dengan batik-batik yang dipajang. Duh, niatan luntur semua. Sejak berangkat sudah niatan gak mau belanja-belanja, lha beloknya kesini becaknya, jadinya lupa sama niatan awal. Wisss lembar-lembar merah akhirnya keluar dari persembunyiannya. Mulai blus, daster, taplak, bahan kain, sprei sampai sajadah, bungkuss semua. Belanja disini memang harus pintar nawar. Kalau rejeki, bisa dapat harga miring banget kalo dibandingkan harga di itc gitu.

Tak terasa sudah sekitar 1 jam didalam bringharjo, asli cepat sekali waktu di dalam sini. Duh, andai bisa lebih lama putar2 pasar, puas hati namun kuras dompet. Waktunya balik ke lokasi parkir untuk gabung dengan rombongan menuju kawasan wisata berikutnya.

Desa Kasongan, desa kecil penghasil kerajinan grabah/keramik. Menyaksikan langsung pembuatan hiasan rumah dari tanah liat dengan alat yang sangat sederhana, anak-anak wawancara semua detil prosesnya hingga jadi satu produk yang siap dijual. Lihat2 display hasilnya, unik dan bagus. Pilih-pilih bungkus juga untuk beberapa produk, murah meriah berkisar 6ribu – 18ribu. Salah satu anak ada yang bersorak kegirangan saat dibolehkan membawa hasil coba2 buat grabah hiasan meja, senangnya bisa langsung jadi satu produk kecil. Ditaruhnya produk itu di dasboard bis sekalian dijemur katanya.

Let’s go to Paris ! Yes Parangtritis Beach… I love it. Kalau ke Jogja wajib mampir kesini. Suka dengan wisata pantai. Kali ini terik matahari sangat berasa, namun terhibur dengan semilir angin pantai. Mencoba menikmati suasana pantai dengan naik delman. Seru namun hanya sebentar sesuai dengan tarif  sewa delman.

Pathok..  Pathok… Bakpia Pathok 25 yang harganya sekitar 25ribu ke atas. Banyak juga camilan selain bakpia, namun yang khas ini wajib dibeli, yang lain sunah saja.

Senja at Malioboro. Sayangnya pas diguyur hujan juga karena bis susah bener cari parkiran, waktu keliling dibatasi waktu, membuat berkurangnya kenyamanan menikmati kesyahduan Malioboro. Kalau kesini. sempatkan minum wedang ronde.. hangat maknyus khasnya. Tak banyak yang bisa dibawa pulang karena hari sudah malam, hanya lihat2 kaos dagadu khas Jogja.

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s